Dwilogi Kesunyian

dwilogi-kesunyianKuhadirkan kau ke dalam mimpi ini untuk setia mendengar cerita perjalananku. Tapi sampai saat ini kau hanya tersenyum, padahal aku ingin kau menjawab: Mengapa aku masih harus mencintai kebaikan yang pada akhirnya juga akan sirna?

Masihkah senyum itu untukku memotret kisah cinta antara dua manusia. Indra Pratama, seorang penjaga masjid yang introvert, dan Afrina Zakiah, seorang mahasiswi yang pendiam, suka membuat sketsa. Mereka berdua bertemu pada satu masa, lalu tumbuh rasa cinta. Sayangnya cinta selalu berjalan seiring dengan pertanyaan, terutama pertanyaan tentang kejujuran pada diri sendiri.Benarkah aku mencintainya? Salah aku mencintainya? Apa yang harus kulakukan? Apa yang akan dia lakukan? Bagaimana jika begini? Bagaimana jika begitu?

Indra dan Afrina, belajar lebih dari sekadar rasa cinta, mereka juga belajar tentang pertanyaan-pertanyaan dan keraguan yang harus dijawab seiring rasa cinta itu datang. Lalu pada akhirnya, mereka harus belajar bahwa rasa cinta itu dititipkan oleh Tuhan dengan cara yang dia bisa kita pahami. Lalu pilihannya kembali pada mereka, pada kita semua: apakah akan menjalaninya? Atau tidak?

“Aku mencintaimu karena Tuhan, tidak jadi soal kau ada di sampingku atau tidak, tidak jadi masalah kau peduli padaku atau tidak, aku hanya tidak ingin tak menghormati Sang Pemberi Rasa ini. Dia sudah titipkan segumpal rasa cinta, maka aku juga yang harus menjaganya.”

 

dwilogi-kesunyian-2Pernahkah kau mengalami seperti yang Indra alami?

Bermimpi tentang seorang perempuan asing yang menuntunmu menyusuri lorong rumah sakit, nomor-nomor laci kamar jenazah, dan terbangun dengan noda merah di baju. Tiba-tiba terlelap dan terbangun oleh suara musik yang tak dikenalnya sama sekali. Malam sunyipun terasa ramai oleh senandung syair yang berasal dari suara lembut Sulisati.

Pernahkan kau merasa sesunyi Zaki?

Mencurahkan hati dalam sketsa hitam putih, mencari pelengkap hati pergi entah ke mana. Memunggungi masa lalu yang tetiba menepuknya untuk sejenak ditengok dan diselesaikan. Bagaimana jadinya jika Irwan yang selalu ditunggunya tiba-tiba harus lenyap? Tetapi Indra hadir di depan mata— sosok masa lalunya.

Atau justru kau berusaha keras membantu orang yang kau sukai dalam diam?

Airin adalah orang yang paling memahami Indra. Memahami setiap kekalutan yang terselip dalam senyum Indra. Calon psikolog yang juga berusaha membantu Zaki, karibnya yang tenggelam dalam angan untuk bersama Irwan. Mencari sosok perempuan misterius dalam mimpi Indra membuat benaknya semakin dipenuhi oleh tanya yang saling terhubung oleh benang merah tak kasat mata.

Mereka mencari jawaban, apakah kau memiliki jawabannya? Atau kau sendiri bertanya-tanya tentang sesuatu yang masih misterius? Karena seorang bijak berkata, hidup adalah misteri itu sendiri…

aaa

aaa

Share This: