Mau Bagi-Bagi Buku (Lagi)

Untuk kedua kalinya dalam waktu setahun ini saya kembali harus menguras rak buku. Yang pertama bulan Februari 2016, saya melepas sekitar 75 buah buku ke sebuah acara pemutaran film yang menyediakan juga pengumpulan buku bekas. Waktu itu niatnya sih beneran untuk mengurangi isi lemari, karena memang setelah ditelaah… cukup banyak juga buku yang sudah tidak dibaca lagi, daripada disimpan terus berdebu, bulukan, atau dimakan rayap kan mending dikasih ke orang lain, siapa tahu memang ada yang lagi perlu.

Nah, kali ini di bulan September saya kembali akan melepas “beberapa” buku, tapi nggak sampai 70 lah, yang sekarang ini jumlahnya “cuma” sekitar 54 buah. Tapi untuk menambal kekurangannya—saya kan orang baik—bersama dengan paket buku itu sudah disiapkan juga beberapa bonus.

Sekarang masalahnya bukan di bagi-bagi buku (itu sih Insya Allah nggak akan dibatalkan), tapi bagusnya ada yang nanya dulu: “Tumben, ada apa nih?”, karena buat siapapun yang cukup lama mengenal saya, pasti tahu ada sesuatu yang spesial—atau sesuatu yang salah—kalau sampai saya mau melepas cuma-cuma 120-an buku dari rak. Apa saya lagi kurang sehat? Salah makan obat? Ada urat syaraf kejepit sampe hampir gila? Amnesia? Atau memang lagi deket aja sama malaikat hingga saya jadi baik hati?

Semua jawaban salah… kalau giveaway yang bulan Februari itu murni buat ngurangin isi rak, nah kalau yang sekarang itu sebenarnya lebih ke arah… apa ya, faktornya banyak banget sih, disebutin satu-satu sih ga akan beres seminggu. Tapi kalau disimpulkan, saya lebih suka menyebutnya dengan: PROSES RESTART

Jadi begini, seperti yang pernah saya tulis disini, bahwa saya pernah memikirkan dalam-dalam tentang konsep Ikigai. Dari pemahaman tentang Ikigai, efeknya: saya mendapat arah yang lebih mantap tentang passion yang harus saya jalani. Terdengar bagus kan?

Masalahnya, kemarin itu saya sudah melangkah terlalu jauh ke area yang bertentang dengan passion, saya tidak menyesalinya, sebab seperti kata Pandji Pragiwaksono: menyesal itu sifat pecundang, tapi memang akibatnya saya harus melakukan penataan ulang pada seluruh aktifitas. Apa terdengar lebay ya? Mungkin juga sih, tapi kalau mengalami sendiri maka kalian juga pasti akan setuju bahwa selama lima-enam tahun belakangan saya sudah “terlanjur” menata hidup ke arah yang “bukan gue banget”, satu-satunya penyebab saya bisa bertahan bertahun-tahun itu—setidaknya menurut analisa sendiri— karena saya konsisten menipu diri, pura-pura menikmati, sambil berharap semoga suatu hari bisa menikmati beneran.

Itu jelas tidak sehat, tidak ada yang mau hidup seperti itu, termasuk saya. Akhirnya saya sampai di pemahaman bahwa saya harus kembali menekuni hidup seperti saya apa adanya, saya “terpaksa” restart karena kemarin terlanjur melangkah jauh. Jadi ibarat komputer, saya sudah pernah hang dan perlu booting ulang. Hasil booting itu pernah saya tuliskan disini. Nah, untuk proses restart, saya perlu melakukan “renovasi” di banyak banget aspek, dan memberikan gratis sekitar 50-an buku itu hanya salah satu hal saja yang harus dilakukan supaya hidup saya kembali seperti semula. Supaya proses restart nya berhasil.

Jadi teman-teman, kali ini bukan urusannya bukan sekadar memberikan buku, ini urusannya lebih jauh lagi dari itu, lebih dalam lagi dari itu.[]

saa

Daftar Buku + Bonus
JUDUL PENULIS JENIS PENERBIT TAHUN KETERANGAN
1 100 Great Business Ideas Emily Ross Bisnis Hikmah 2007
2 100 Pelajaran dari Para Pemimpin Ikhwanul Muslimin Muhammad Abdul Hamid Agama Robbani Press 2001
3 35 Fitrah Wanita & 20 Keistimewaannya Drs. Muhammad Thalib Agama Irsyad Baitus Salam 2002
4 50 Great Business Ideas From Indonesia M. Ma’ruf Bisnis Hikmah 2009
5 A to Z About Indonesian Film Ekky Imanjaya Film Mizan 2006
6 Angkatan 2000 Dalam Sastra Indonesia Korrie Layun Rampan Sastra Grasindo 2000
7 Art of Novel Milan Kundera Menulis Jalasutra 2002 Halaman sudah tidak lengkap
8 Bilangan Fu Ayu Utami Novel KPG 2008
9 Breaking The Habit Hernowo Motivasi MLC 2004
10 Buku Pintar Perempuan Edi Sigar Katalog Pustaka Delaprasta 1996
11 Cara Pintar Merawat Bayi & Balita Prihandini Parenting Genius Publisher 2008
12 Catatan Kasih Bunda Alfiah Kalsum Parenting Al Bayan 2004 Sampul sobek
13 Drunken Mama Pidi Baiq Kumpulan Kisah Mizan 2009
14 Drunken Marmut Pidi Baiq Kumpulan Kisah Mizan 2009
15 Drunken Molen Pidi Baiq Kumpulan Kisah Mizan 2008
16 Flipped Wendelin van Draanen Novel Orange Books 2001
17 Indonesia X-Files dr. Abdul Mun’im Idries, Sp.F Kumpulan Kisah Noura Books 2013
18 Just Patty Jean Webster Novel Orange Books Masih disegel
19 Keadilan Tidak Untuk yang Miskin Eko Prasetyo Politik Resist Book 2010
20 Kepada Penyair Anjing Matdon Kumpulan Puisi Ultimus 2008
21 Love of My Life DJ. Onet Biografi Harmoni 2008
22 Madrasah Ruhaniah Jalaluddin Rakhmat Agama Mizan 2005
23 Marketing in Venus Hermawan Kertajaya Bisnis Gramedia Fotokopi
24 Marketing Yourself Hermawan Kertajaya Bisnis MarkPlus&Co 2005
25 Memahami Pikiran & Bahasa Bayi Dr. Richard Woolfson Parenting Jabal 2007
26 Mencetak  Pribadi Magnetis M. Ali Ghanim Ath-Thawil Motivasi Era Intermedia 2004
27 Motivaction Iwel Sastra Biografi Noura Books 2013
28 My First Million Tommy Cohen Bisnis Kaifa 2009
29 My Journey Through Postpartum Depression Brooke Shields Biografi Qanita 2005
30 My Life as Film Director Haqi Achmad Film PlotPoint 2012
31 My Life as Video Music Director Haqi Achmad Film PlotPoint 2012
32 My Mom is My Hero Susan Reynolds Parenting Qanita 2009
33 Naskah-Naskah Kompas Jaya Suprana Kumpulan Essay Elex Media 2009
34 One Gigabyte of Love Helvy Tiana Rosa, dkk Kumpulan Kisah Lingkar Pena 2006
35 Pixar Ni Ketut  Susrini Biografi B First 2009
36 Pornografi dalam Media  Massa Tjipta Lesmana Jurnalistik Penebar Swadaya 1995
37 Prague Arthur Philips Novel Q-Press 2006
38 Revolusi Cinta Harlis Kurniawan Agama Lingkar Pena 2009
39 Sakura Nova Ayu Maulita Novel Lingkar Pena Masih disegel
40 Samurai: Jembatan Musim Gugur Takashi Matsuoka Novel Qanita 2014
41 Saudagar Buku dari Kabul Asne Seierstad Novel Qanita 2002
42 Sayangilah Wanita DR Najah Binti Ahmad Zhihar Agama Najla Press 2006
43 Segenggam Gumam Helvy Tiana Rosa Sastra Tamadun 2003
44 Smart Entrepreneur Ir. Hendro, M.M Bisnis Andi 2005
45 Spy Twins Rana  Khairunnisa Novel Anak Lingkar Pena 2011
46 Tafakur di Ujung Cinta Kuswaidi Syafi’ie Kumpulan  Essay Pustaka Pelajar 2003
47 The Careless Girl Alif Aqsha Novel Anak Lingkar Pena 2011
48 The Girl Who Kicked the Hornest Nest Stieg Larsson Novel Qanita 2010
49 The Legends J.D. Rasz Biografi Dastan Books 2009
50 Trading Reality Michael Ridpath Novel Gramedia 1999
51 Tsotsi Athol Fugard Novel Bentang 2006
52 When Patty Went to College Jean Webster Novel Orange Books Masih disegel
53 Why Did the Chicken Browse the Social Media? Diki Andreas Komik Elex Media 2010
54 Yummy World Dias Nuryamsi Novel Anak Lingkar Pena 2011
BONUS:
4 VCD + buku panduan belajar baca Al-Quran metode An-Nuur (ini masih bagus, baru dipakai 1-2 kali,  menurut keterangan di boks nya, dengan metode ini seseorang akan bisa baca Al-Quran hanya dalam waktu dua jam saja.)
1 Goodie Bag berisi kurang lebih 45 buah DVD, CD, VCD lama, antara lain:
DVD Game (Medal  Of Honor, A Farewell To Dragons, NBA 2K12, Call of Duty Black Ops, Euro Truck Simulator, dll)
DVD Konser Musik (Legends of Jazz with Ramsey Lewis, Incognito live at Java Jazz Festival, Return to Forever Returns, Diana Krall live at montreal Jazz Festival)
CD Program-Program Komputer Lama (Pinnacle Studio, Microsoft Office, dll)
26 DVD Film (Forrest Gump, the Japanese Wife, Mao’s Last Dance, Green Street Hooligans, School of Rock, dll)
1 Dus isi majalah-majalah lama (jumlah majalah belum dihitung, males, hehe… )

[collapse]

Syarat-Syarat
  1. Saya sendiri belum tahu harus dengan apa menentukan siapa yang berhak mengambil buku ini, saya bingung, apa harus memberikan pertanyaan, atau gimana ya? Saya memang kurang ahli memberikan kuis atau sejenisnya. Ada usul?
  2. Siapapun yang mau, harus mau ambil semua, saya tidak mau ngurus giveaway ketengan, hehe… jadi sekali bilang mau ya ambillah semua buku dengan bonus-bonusnya, jangan milih “Oh saya mau itu aja, yang ini ga mau…”
  3. Tapi saya tidak membatasi ini harus taman bacaan atau perpustakaan yang dapat, perorangan pun boleh, tukang buku bekas (jadi ntar mau dijual lagi) ya silahkan… bebas kok, asal lihat point ke-4
  4. Dua hari lagi (dihitung dari tanggal postingan ini) saya harus pindah dari Bandung, jadi akan sulit sekali kalau harus melakukan pengiriman, apalagi jujur saya kendala waktu bagi-bagi buku bulan Februari 2016 lalu adalah saya tidak bisa menemukan timbangan sehingga tidak bisa memperkirakan ongkos kirim. Maka akan lebih baik kalau siapapun yang berminat ya ambil lah sendiri barangnya ke rumah saya. Pakai mobil lebih enak, kalau mau ambil sendiri sih tidak usah ada saya juga bisa kan? kontak saja orang rumah. Kalau ada orang luar Bandung yang mau ya silahkan pikirkan caranya, apa minta tolong teman yang orang Bandung atau bagaimana, silahkan ide kreatif-kreatifnya dikeluarkan.
  5. Untuk mengetahui alamat saya, silahkan langsung tanya di inbox FB.
  6. Itu saja deh, sekian dan terimakasih sebelumnya. :-)

[collapse]

aaa

aaa

Share This:

Related posts:

Sebuah Surat untuk Lee
Lee, kusertakan sebuah gambar buram yang pasti membuatmu terpingkal-pingkal. Pada suatu titik di kejauhan ada seseorang memegang gitar, sendirian. Baiklah, itu aku, dan kau tahu aku tidak bisa bermai...
Bintang Porno Di Cover Buku
Tadi sempat baca berita ringan di vivanews, katanya di Thailand ada sebuah buku paket matematika terbitan MuangThaiBook yang laku banget, usut punya usut ternyata diduga buku itu laku bukan karena isi...
Penerbit Perlu Naskah: Media Cendekia Muslim
Kemarin sore saya ketemu dengan teman lama, saya panggil dia kang Sandi. Kita pernah kerja bareng di sebuah penerbit yang sudah bubar jalan (nggak enak lah nge-mention nama penerbitnya, pokokn...
Pagi Ini, Iman Saya Sedikit Goyah
Pagi ini, saya mendapat info kalau lagi- lagi ada satu novel milik teman saya yang difilmkan. Setelah Desi Puspitasari yang “nyaris” sama-sama tumbuh bareng di dunia menulis ternyata bisa (duluan) mer...
Kematian dan Postmodern Jukebox
Dalam proses menulis novel ini, saya terus memikirkan dua hal: yang pertama tentang kematian, dan yang kedua tentang Postmodern Jukebox. Saya kesampingkan dulu yang pertama, saya ingin membahas soal k...
Mengapa Menulis Tentang Kematian?
Selama menjadi penulis, saya sudah menulis enam novel; yang terbaru (keenam) berjudul Meja Bundar. Di novel ini saya membahas tentang kematian, atau lebih tepatnya tentang tiga orang yang berusaha men...
SiHendra

SiHendra

Novelis. Jurnalis. Blogger. Diam-diam suka sama Raisa (meski Raisa sukanya sama cowok lain, hiks!). Penggemar Nasi Goreng. Paling benci dibilang cerewet dan disuruh diem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.