Perjalanan Waktu di Artistik Grand Budapest

Pagi ini, menonton film The Grand Budapest Hotel (Wes Anderson, 2014) salah satu dari tiga film pemenang Oscar 2015 yang ingin saya tonton selain Birdman (Alejandro G Iñárritu, 2014) dan Whiplash (Damien Chazelle, 2014).

Sejak pertama kali sadar bahwa film ini menyabet tiga Oscar dalam departemen artistik (Best Makeup and Hair, Best Costume Design, Best Production Design, tambah satu Best Original Score, hasil kerja departemen musik) saya penasaran akan bentuk visual Grand Budapest. Saya pikir, artistik film ini harus sangat-sangat-sangat-sangat bagus

Kenapa? karena sangat jarang ada film bisa “menyapu” award departemen artistik sedemikian rupa. Jarang bukan berarti tidak ada kan? Kita tahu film The Lord of the Rings (2003), Titanic (1997), dan Ben Hur (1959) juga pernah juga melakukan sapu bersih. Tapi kasus itu kan jarang… bahkan Les Misérables (yang artistiknya mantep abis itu!) di Academy Award 2012 mendapat kategori Best Makeup and Hairstyling, sementara untuk kategori Best Costume Design cuma masuk nominasi dan harus merelakan diambil Anna Karenina, tapi sebaliknya si film Anna Karenina itu sendiri pun ternyata cuma masuk nominasi Best Production Design dan harus rela menyerahkan pialanya pada film Lincoln.

Artinya, ngeborong piala Departemen Artistik itu susah banget… tapi film ini bisa!

Nah sekarang, setelah menontonnya saya tahu kenapa film ini bisa memborong tiga piala, karena selain karena konsep visualnya sangat matang. Warna dan dekorasi di Grand Budhapest Hotel ternyata tidak hanya berfungsi sebagai penguatan karakter atau atmosfir cerita, tapi juga hadir sebagai “cerita” itu sendiri.

Lebih jauh lagi, ternyata film ini hadir bisa dengan tiga jenis Aspect Rasio: 1.33, 1.85, and 2.35:1… (Kalau yang teliti menontonnya pasti sadar bahwa ukuran layar film ini cenderung berubah-ubah). Nah, ketika saya teliti, ternyata perubahan itu memang disesuaikan dengan setting cerita.

Misalnya, ketika sedang menceritakan era 1930-an, maka gambar muncul dengan format 1.33 yang memang merupakan format tradisional televisi yang muncul tahun 1932. Lalu ketika setingnya tahun 1950 maka rasio gambar pun berubah menjadi 1.85 karena memang format gambar tersebut pertama kali digunakan oleh Universal Pictures tahun 1953. Nah, terakhir ketika setting waktunya “masa kini” maka rasio gambar pun berubah jadi 2.35:1, sebagaimana rasio gambar film yang kita kenal sekarang

well… saya baru sadar, ternyata sebuah gambar bisa bercerita “lebih dari cerita yang sebenarnya”

…jadi, selamat berpikir ulang tentang arti Cinema [] aaa

aaa

Share This:

Related posts:

Noriko’s Dinner Table: Dianjurkan Untuk Tidak Menonton
Sudah lama banget saya mau bikin review film ini, tapi nggak tahu kenapa setiap kali dicobain males terus. Ada aja halangannya, sampai akhirnya jadi juga meski harus dipaksain. Bukan apa-apa, sebuah ...
Starship Troopers dan Kisah Film Pertama
Beberapa malam yang lalu, seperti biasa dengan jadwal tidur yang aneh... (merem jam 19.00 dan bangun jam 23.00, lalu tidur-tidur lagi jam jam 19.00 besok ... kalong juga nggak gini-gini amat sih!) say...
Rumah Putih #3: Indonesia tak Pernah Memilih
“Indonesia memilih….” teriak Atta dan Irgi, lalu mereka diam, menyebarkan suasana tegang ke seluruh arena. Kamera mensyut wajah Mike, Judika, lalu menjauh, menyorot empat sosok itu. Sesaat kemudian,...
Rumah Putih #5: Ketika Peranan Menjadi Diri
Seberapa dalamkah sebuah peran merasuki hidup seseorang? “Beberapa hari setelah usai syuting, aku masih merasa diriku ini orang lain. Butuh waktu lama bagiku untuk keluar dari karakter yang aku pera...
Jung Ryeo Won, The Moon Lover
Ah, kacau banget gue... lama ga ngupdate ini karena banyak alasan teknis yang ga penting (semacam, ngejar alien yang celana dalemnya ketinggalan di kamar mandi gue, terus gue ngupil dan telunjuk gue n...
Tomorrow I Will Date With Yesterday's You
Sudah lama saya merasa tidak ingin menulis tentang film. Sejak memutuskan untuk pensiun dari dunia film dan konsen di dunia menulis, intensitas saya menonton film menurun drastis. Apalagi memang dulu ...
SiHendra

SiHendra

Novelis. Jurnalis. Blogger. Diam-diam suka sama Raisa (meski Raisa sukanya sama cowok lain, hiks!). Penggemar Nasi Goreng. Paling benci dibilang cerewet dan disuruh diem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.