Kapan Tanda Tangan Pertama Kita?

Hari ini saya mau ngomongin soal tanda tangan. Halaahh… ada apa toh soal tanda tangan? Soalnya akhir-akhir ini berita-berita dan para pelaku sosmed lagi rame ngomongin soal tanda tangan, nggak tahu deh maksudnya apa, pokoknya tanda tangan gitu deh… (bahkan ada yang belakangnya pake tagar #tolol, aduh…)

Kapan sih pertama kali kita punya tanda tangan? Kalau saya pas kelas 1 SD, jadi ceritanya pas TK saya punya teman baik, eh ternyata waktu pas kelas 1 SD dia malah pindah ke Yogya. Waktu saya tanya rumahnya dimana, dia jawabannya ga jelas gini: “Pokoknya kamu naik bus ke Yogya, sampe ke Yogya nanti naik bus PPD, terus tanya aja rumah Anton.”…

Eh buset! Dikiranya Yogya isinya cuma 1 RT gitu? Tapi karena dulu masih TK, masih culun, masih bego… saya iyain aja. Tapi ibu saya—yang kebetulan waktu itu ada di sebelah—bilang: “Nanti Anton kirim surat ya”, belakangan tahulah maksudnya… biar ada jejak alamat dia.

Ternyata dia beneran ngirim surat ke saya (kartu pos sih, dengan tulisan yang acakadut). Nah, berhubung saya anaknya baik dan perhatian ke temen (kadang perhatian juga sih ke pacar orang), maka saya bales lah itu surat, tapi sebelum dimasukin ke amplop ibu saya bilang: “Kok kamu nggak tanda tangan? Ayo pake tanda tangan!”

Berhubung saya anak bandel yang sering ngelawan orang tua, maka saya lumayan lama tuh berdebat sama ibu tentang perlu tidaknya tanda tangan di surat acakadut bikinan anak kelas 1 SD. Sebenarnya perdebatan itu terjadi karena saya nggak ngerti konsep tanda tangan. Untuk apa sih tanda tangan itu? Kok kesannya resmi banget? Soalnya saya pikir dulu yang harus punya tanda tangan itu adalah orang-orang yang sudah kerja saja.

Di tengah perdebatan itu, ibu saya mengeluarkan argumen yang sekarang entah kenapa ada di halaman wikipedia bahasa Indonesia. Saya beneran curiga wikipedia nyontek kalimat ibu saya! (Apakah wikipedia sudah lama memata-matai ibu saya?), kurang lebih begini ibu saya bilang:

Tanda tangan itu adalah bukti resmi bahwa kamu yang nulis surat ini, bukan orang lain. Biar nanti kamu belajar juga tanggung jawab sama isi suratnya, nggak asal, nggak lalai.

well, bukankah mirip-mirip ya dengan definisi tanda tangan di wikipedia bahasa Inggris?

A signature is a handwritten… that a person writes on documents as a proof of identity and intent. The traditional function of a signature is evidential: it is to give evidence of: The provenance of the document (identity) and The intention (will) of an individual with regard to that document

Karena saya dari dulu tidak pernah memang saat berdebat dengan ibu, dan saya bisa menerima penjelasannya soal tanda tangan… maka ya, mulai kelas 1 SD saya mulai punya tanda tangan, dan dimanapun saya mungkin bikin coretan maka saya akan nulis tanda tangan saya disana. Saya menganggap diri saya lagi belajar bertanggung jawab (nggak nyambung? Ga apa-apa kan masih kelas 1 SD).

Yah, lagipula dalam proses belajar selalu ada yang harus dikorbankan, dan itu termasuk tembok kelas, buku pelajaran, atau meja… 😀

aaa

aaa

Share This:

Related posts:

Beruntunglah, Manusia Terbuat dari Tanah
Di ruang kerja saya sekarang, sebenarnya nggak ada satupun orang yang bisa ngedit film siang-siang! Kenapa? apa ada pocong? Lho kok ada pocong siang-siang? Bisa saja lah, kalau pocongnya salah pergaul...
Bekerja Untuk Saxophone
Beberapa orang mengenal saya sebagai novelis, beberapa mengenal saya sebagai editor film, kadang sering disebut juga sutradara film, dan beberapa orang yang lain mengenal saya sebagai peniup harmonika...
Pustun
Pada suatu pagi seorang gadis terbangun dan mendadak ingin sekali menjadi pustun. Keinginan itu berdentam-dentam dalam otaknya, membuatnya sangat gelisah dan berkeringat dingin. Rasanya jantungnya ber...
Tuhan Memaafkan Semuanya, Termasuk Steve Harvey
Peristiwa salah baca di ajang sekelas Miss Universe 2015 kemarin itu memang cukup bikin heboh, dan dunia seolah kompak menyalahkan Steve Harvey yang didapuk jadi MC acara tersebut. Buat yang ngga...
Been Alone in a Crowded Room
Apa yang paling mengerikan dari sebuah kesendirian? Akhir-akhir ini saya sering bertanya-tanya soal itu. Saat sendirian. Pada akhirnya saya sendiri harus menyerah karena tidak mungkin menemukan jawab...
Jangan Tarik Saya Dulu
Ada saatnya kita ingin membuka lembaran baru, dan terkadang itu mengharuskan kita melepaskan tumpukan sampah masa lalu. Saya mulai paham soal itu sejak sebulan yang lalu. Tepatnya sejak saya menginjak...

SiHendra

Novelis. Editor Film. Sutradara. Blogger. Diam-diam suka sama Raisa. Penggemar Nasi Goreng. Paling benci dibilang cerewet dan disuruh diem.

2 thoughts on “Kapan Tanda Tangan Pertama Kita?

  • 08/04/2015 at 01:10
    Permalink

    gue udah 17 tahun dan masih pusing dengan tanda tangan.
    terakhir bikin ktp, tanda tangan gue ngasal…

  • 13/04/2015 at 05:30
    Permalink

    hati-hati, ada yg bilang tanda tangan itu menandai karakter dan masa depan kita bro, kalo salah bikin tanda tangan maka masa depan ktia akan suram… ribet ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.